Motivasi Keep Spirit and Fight Until Jannah (Artikel)

  • Hj. Aisyah Nurlaela , S.Pd (Penerbit)
  • Diterbitkan pada :2019-04-22 15:27:47 - Kategori : ARTIKEL

    Motivasi Keep Spirit and Fight Until Jannah (Artikel)

    Kamis 18 April 2019 suasana di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur  tampak ramai seperti hari-hari biasanya, namun  pukul  07.15 suasana mendadak hening, hal itu disebabkan karena setiap hari kamis dilaksanakan program gerakan  literasi sekolah yang disebut” Kamis hening’, setelah sebelumnya diadakan  briefing  pagi terlebih dahulu.

                    Seperti  biasa setiap hari kamis juga Siswa di lingkungan SMP Islam Cendekia Cianjur sudah terbiasa melaksanakan Shaum  kamis, hal ini bertujuan untuk membiasakan siswa shaum sunnah.

                    Setelah beres acara Kamis hening, seluruh sisw kelas VII dan VIII langsung masuk kelas untuk melaksanakan KBM seperti biasa, namun untuk siswa kelas IX diinstruksikan untuk stay atau tetap di lapangan serbaguna.

                    Hal tersebut  dilakukan karena pada hari itu seluruh siswa kelas IX akan diberikan motivasi yang disampaikan oleh Tim Pelvo ( Pemuda Evolusi).

                    Pemateri yang akan memberikan  motivasi pada pagi itu merupakan perkumpulan aktivis pemuda yang tergabung dalam Pelvo yakni kependekan dari Pemuda evolusi, sekitar 20 personil yang dibawa oleh Tim pelvo siap memberikan motivasi yang menarik.

    Dinamakan Pelvo atau pemuda evolusi karena evolusi itu sendiri merupakan perubahan dengan proses yang tahapannya cukup panjang. Alasan-alasan mengapa disebut evolusi karena di dalam berdakwah, Pelvo menerapkan 3 prinsip dakwah  yakni:  yang pertama Ajaklah dengan hikmah dan bijaksana, baik bijaksaa melalui ucapan maupun perbuatan. Yang ke dua walmauidzotil hasanah yang artinya berilah contoh yang baik, dan yang ke tiga  Wajaadilhum billati hiya  ahsan yang artinya berdiskusi, jadi segala sesuatu nya harus didiskusikan. Demikian disampaikan secara gamblang oleh Owner atau pendiri lembaga Pelvo yang  bernama Feylian, Lc.MA.

                    Pelvo sendiri berdiri pada awal April 2016 dengan anggota sekitar 15 orang. Misi/tujuan membantu anak yatim dan duafa dalam bidang pendidikan terutama bidang agama, selama ini Pelvo fokus menjalani bidang dakwah, baik dakwah di tempat maupun yang paling utama dakwah jalanan yang biasa dilakukan ke sekolah-sekolah, ke lapas, ke kafe-kafe, majlis ta`lim dan lain-lain. Salah satu program nya pelvo juga mengumpulkan alumni-alumni mahasiswa Mesir untuk bergabung dan dakwah bersama-sama. Di akhir pembicaraan, beliau juga mengajak untuk bersama-sama berdakwah dengan mampir ke markaz Khulafaairrasyidin yang beralamat di.  Kp. Pasantren Jl. Raya Sukabumi, Ciwalen Cianjur.

                    Adapun roundown acara yang dilaksanakan pada Kamis tersebut dimulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Alqur`n yang disampaikan oleh seorang siswa kelas IX SICC , kemudian dilanjutkan dengan sambutan perwakilan SMP Islam Cendekia Cianjur dan tim Pelvo, kemudian Ice breaking dan materi yang disampaikan oleh Kang Sanjay dengan tema “Tuman” ( Tafakur untuk iman) cukup unik juga materi yang beliau sampaikan karena materi agama yang dikemas dengan pendekatan yang apik dan menarik bagi siswa, setelah materi keagamaan dilanjutkan dengan materi “Tauhid preneur” yang disampaikan oleh kang Dhani Bustaman tidak kalah dengan materi sebelumnya, materi yang membahas tentang wirausaha ini disampaikan dengan menarik diselingi gurauan dan pesan-pesan yang mendidik hingga menarik minat siswa dan tak jarang siswa terpancing untuk bertanya dan melontarkan pendapat, mereka tertarik dengan pemateri kang Dhani Bustaman yang juga merupakan owner dari beberapa restoran padahal usianya masih muda. Setelah selesai materi enterpreneur dilanjutkan dengan dakwah jalanan + tanya jawab yang disampaikan oleh Ustadz Bisma yang terkenal mirip dengan vokalis grup band Noah yakni Ariel, siswa antusias dengan materi yang disampaikan secara akrab dengan pendekatan yang gaul dan masuk ke dunia remaja para siswa. Acara selanjutnya kreasi seni dari siswa SICC berupa penampilan marawis dari kelas VIII dan IX yang mendapatkan apresiasi dari tim Pelvo, selesai penampilan kreasi seni dilanjutkan dengan donasi ,infak dan sodaqoh siswa untuk Pondok pesantren markaz Khulafaairrosyidin yang baru saja didirikan oleh lembaga non formal Pelvo ini, selesai acara donasi, tim pelvo mengenalkan single album ustadz Feylian( Owner Pelvo) yang ternyata mahir juga dalam bernyanyi bahkan grup nasyid nya pernah diundang juga ke luar negeri dengan tim dakwah nya  seperti Italy, Quwait, dan tentu saja Mesir sebagai negara almamater Ustadz Feylian dalam menempuh pendidikannya, hingga siswa antusias menyaksikan penampilan suara nya yang merdu dan khas.

                    Rangkaian acara yang begitu padat yang dimulai pukul 07.30 hingga 11.30 ini tidak begitu terasa karena tidak hanya materi yang disajikan, namun diselingi dengan ice breaking dan tanya jawab hingga tidak membuat siswa bosan dan ngantuk.

                    Sampailah di ujung acara, yakni Achievement motivation dengan tema Keep spirit and Fight until jannah yang dibawakan dengan penuh semangat oleh Ustadz Peylian Lc. MA dan langsung sebagai acara terakhir diadakan muhasabah seluruh peserta terutama siswa SMP Islam Cendekia Cianjur. Pada sesi inilah Ustadz Feylian membuat semua peserta terutama siswa yang hadir merasa terharu bahkan tidak sedikit yang menangis, bagaimana tidak dengan muhasabah yang menyentuh hati bertemakan orangtua ini diiringi musik sendu yang  mengusik kalbu yang paling dalam, setiap renungan yang bertemakan orangtua, tentu saja membut hati setiap yang hadir tersentuh dan menitikan air mata apalagi beliau kaitkan dengan UNBK yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Dengan tangan yang saling memegang pundak teman masing-masing, menundukan kepala dan memejamkan mata menambah haru suasana.

                    Acara diakhiri  dengan lagu bunda yang dilantunkan oleh Ustadz Feylian dan doa serta penutupan, pemberian cenderamata untuk SICC dan foto bersama.

                    Semoga acara tersebut dapat menambah motivasi dan semangat siswa dalam menghadapi Ujian yakni UNBK yang akan dilaksanakan pada Senin 22 April 2019, aamiin yaa Robbal Aalamiin.

    (Aisyah@SICC)